Saturday, September 8, 2012

Cara Mengobati Ikan Gurami

Cara Mengobati Ikan Gurami yang Terkena Penyakit Jamur
Ada yang bingung ketika menghadapi Ikan Gurameh anda mati satu persatu atau bahkan lebih setiap harinya?

Berikut saya berikan tips mengatasi masalah tersebut di atas dengan sumber berita adalah "Pengalaman pribadi".saya juga tidak mengerti kenapa tips berikut koq bisa berhasil,,but its really works for me,,dan sampai sekarang aman-aman saja..dan tidak pernah menjumpai "ikan mati" di pagi hari di kolam..


Gurami...

adalah salah satu jenis ikan yang digemari oleh kebanyakan orang karena dari segi kuliner banyak orang yang bilang gurameh rasanya enak,empuk dan banyak komentar lain....sedangkan dari segi bisnis gurameh juga sangat menguntungkan karena dengan biaya operasional yang murah bisa mendatangkan keuntungan berlipat jika diternakkan..maaf penulis sebetulnya bukan peternak gurameh dan juga pemerhati ataupun penggemar gurameh,,penulis kebetulan mempunyai kolam di belakang rumah yang di isi ikan nila,kemudian atas saran beberapa teman dan ortu agar diisi gurameh supaya bisa menghasilkan dan produktif.

Kloter pertama diimporlah 20kg ikan gurameh,,dan kloter ke dua 40kg gurameh.waktu berjalan dan tidak terjadi apa-apa.setelah sekitar 10 hari barulah kami menemukan bangkai ikan gurameh terapung dengan kondisi tubuh mengenaskan.tubuhnya seperti dimakan atau di cabik-cabik binatang lain.oke deh,,waktu itu penulis pikir mungkin itu karena perkelahian antar ikan atau digigit kepiting atau lainnya..maklum penulis sangat awam di dunia perikanan..hehe.. .so wajar kalau penulis sangat terkejut melihat kejadian tersebut di atas..hari-hari berikutnya lebih parah lagi,,dalam satu hari kadang bisa 2 sampai 4 biji ikan gurameh mati dengan tubuh yang tidak utuh lagi,,
bahkan ada yang sampai hampir separoh tubuhnya ilang mulai dari ekor sampai badannya,,

Maaf potonya ga kita upload ya,,ngeri deh,,

Kemudian penulis ma tetangga yang pada punya kolam dan berbudidaya ikan dan tentunya sudah berpengalaman.tanya sana sini termasuk di pakde google ternyata dapat disimpulkan bahwa Gurameh tersebut terkena PENYAKIT JAMUR...

Tanya sana tanya sini cara mengobatinya mulai dari ditaburin Garam Grosok berkilo-kilo,di kasih PK (Kalium Permanganat),sampai di kasih Super Tetra yang dicampur ke BR (untung ga ada yang ngasih saran dikasih Burger,,hehe,,) tetap sama aja hasilnya,,masih ditemukan ikan Gurameh mati di pagi hari,kadang sore hari malah pernah sehari tiga kali,,sapa ga sedih n stress tuh melihat kenyataan seperti itu,,meskipun kadang kalo yang belum mati tapi dah mengindikasikan terkena penyakit langsung diambil n dimasak (enak juga ya,,tiap hari masak gurameh) kadang dikasih ke tetangga,,tapi kan tar rugi dan juga kasihan tuh gurameh,,dan alangkah berdosanya kami tidak berusaha menyelamatkan mereka... mungkin kalo di total dah ada sekitar hampir 40 nyawa Gurameh melayang.

Sampai kemudian sang Malaikat Penyelamat datang,.ada saudaraku yang bawain daun-daunan biasa untuk makanan gurameh yaitu daun singkong .tapi waktu itu ada daun-daun yang belum pernah penulis lihat sebelum juga ikut dimasukkan ke kolam bersama daun singkong.jumlah daun yang aneh itu cukup banyak dimasukkan ke kolam...nih gambar daunnya,,,,ada yang tau?

..


                                                                                              nih kolam penulis waktu dikasih tuh daun



Ajaib,,,setelah dikasih daun itu besok paginya udah ga ada lagi berita kematian Gurameh...dan itu telah berjalan hampir satu bulan sampai sekarang..Dan sekitar tiap satu minggu sekali penulis kasih tuh daun ke kolam buat mencegah kembalinya si Penyakit Jamur..Penulis juga ngga ngerti why?yang penting it's really works,,,hore,,ikanku selamat,,..!!

Hampir lupa,,terus daun tadi daun apaan ya namanya,,kalo kata sodaraku dan juga orang0orang di tempatku sih bilangnya tuh namanya" DAUN JOHAR"..mungkin di tempat lain berbeda namanya,, mungkin bagi yang ingin mengadakan penelitian tentang komposisi daun johar tu apa boleh aja,kemudian di extract dalam bentuk kapsul,pil atau jamu ,supaya bisa membantu teman-teman yang menghadapi masalah penyakit tersebut.

Hanya saja masih ada pertanyaan di hati penulis,,kenapa ya koq IKAN NILA bisa bertahan dan TIDAK TERTULAR penyakit ini,,bagi yang ngerti boleh deh berbagi informasi di sini dan kasih komeng-komengnya...makasih,,,



43 comments:

  1. Trimakasih atas infonya, suamiq beberapa hari ini jga pusing cz ikanya tiap pagi ada yg mati

    ReplyDelete
  2. aduh..abg bkn cm mkasih tp mkasih 100x. krn saat ini jg ikan gurame sy yg ukuran nya rata2 350 gram/ekor tiap hr 1 per 1 tewas tiap hr. smoga sy bs dptkan daun itu secepatnya. mkasih skali lg kpd pak wawan.

    ReplyDelete
  3. Udah dua hari ini ikan gurami saya nggak mau makan. Saya pikir mungkin bosan makan pelet. Tapi kemarin ketika saya perhatikan, ternyata di sirip ikan saya muncul semacam luka seperti koreng. Kemarin sore juga saya beli obat ikan "anti white spot" tapi belum saya pake karena keburu malam.
    Iseng2 pagi ini searching di google ternyata ketemu blog ini dan pohon johar banyak sekali disekitar kantor saya. Makasih banyak mas atas infonya, saya langsung mau petik daun johar dulu nih...semoga berhasil seperti sampeyan.

    ReplyDelete
  4. Ikan saya masih kecil2,hampir tiap hari mati...ada juga yang matanya sampe bengkak,gimana mas solusi pengobatannya

    ReplyDelete
  5. waahhh wah wah, bagus kali gan, tapi lucunya kemaren pohon "johar" samping kolam ku ter lanjur tak potong la kata babeku daunya pahit nanti kalo kena ikan pada mabok, eeee ter nyata malah ber khasiat ngobatin ikanya, pdahal kemaren ikan ku tak obatin pake "pk" pake "super tera" mental smua.... wah makasih gan resepnya..pasti deh tak coba besok moga ikan ku slamat.....

    ReplyDelete
  6. sekedar info, update ikanku semua nggak ada yg tewas, penyakit jamurnya hilang. Ikan sudah sehat semua dan makannya kuat sekali...resepnya manjur sekali.

    ReplyDelete
  7. pak teguh, mau tanya bagaimana cara nya apakah daun nya dicacah2 atau langsung aja di cemplungin ke kolam beserta batang nya or daun saja?

    kemudian kolam pak teguh menggunkan air mengalir or media filtrasi atau tidak?
    karena kolam saya menggunakan media filtrasi air mengalir, menurut bapak perlu kah atau tidak?apa akan mengurangi khasiat daun johar nya?


    thanks

    ReplyDelete
  8. kalau air kolam gurame nya coklat trus keruh itu kenapa dan harus diapain ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti air mba .. cuma jangan terlalu bening ganti airnya .. gurame suka air yg ijoo

      Delete
  9. makasih gan gurame saya jadi tertolong.... namun sayang di daerah saya sulit sekali mendapatkan daun johar,....

    ReplyDelete
  10. haduuh mksh banget . nih info mantabz " pas gurame sy lagi terserang wabah massal . langsung operasi daun johar

    ReplyDelete
  11. thanks infonya. seminggu ini ikan gurame ane mati terus, yang ngak mati juga dah pada celeng, wal hasil dari 250 bibit paling tinggal 10 ekor. penyakitnya sama. sempat beli obat ikan buatan singapur yang bungkusnya warna coklat, tapi nggak membantu. mudah-mudahan kalau nanti isi ulang bibit ane bias pake resepnya. thanks mas bro

    ReplyDelete
  12. daun johar ini pohonyas buahnya kaya pee ya?klo gk salah dibogor ditempat saya namanya palanding

    ReplyDelete
  13. Waduhh... bermanfaat sekali nampaknya nih,,, sama dengan kejadian di kolam depanrumah sy... sengaja sy isi gurame padang... mana mahal... eee.. setiap hari ada aja yg mati...

    ReplyDelete
  14. makasih gan.... ini ikankku juga hampir tiap hari mati.... sebesar bungkus rokok.. dr 60 jd tinggal 15....makasih ya mas bro..

    ReplyDelete
  15. saya sudah nyari daun johar tapi tidak ada yang tau itu daun apa... nama lainya apa sieh kalo dikampung.... info dong.. ikan gurame saya pada jamuran. dan mengalami kematian setiap harinya blz kenmr saya 081291077497

    ReplyDelete
  16. sepertinya itu namanya daun ketepeng, saya juga sedang berusaha mencari daun untuk pengobatan gurame tapi belum berhasil, smoga lekas dapetm, kasihan ikanku ada yang mati dan luka

    ReplyDelete
  17. Thanks infonya mas bro nie di blkng rmh kbtulan ada daun yg hampir sama dgn yg di foto...

    ReplyDelete
  18. Kayaknya di daerah saya namanya pohon besi karena kayunya kerasnya minta ampun. tadi pagi saya panen anakan bawal ukuran 3-9 cm sebanyak 2 ember mati karena terjangkit jamur, badannya penuh luka dan ada yang sudah putus tapi masih hidup. Untung ketemu artikel ini, saya langsung coba.. hasilnya besok saya kabari lagi ya Boss, semoga saja tidak ada yang mati lagi.

    ReplyDelete
  19. daun johahnya di biarin berhari hari apa di ambil di ganti yg baru bos??

    ReplyDelete
  20. Bukannya kalo daun johar lebar itu kayanya daun turi

    ReplyDelete
  21. makasi banyak infonya gan... klu dipalembang sumatera selatan disebut Pohon Juar atw Jejuar, ada yg kasi info klu kulit pohon Juar atw Johar bisa buat obat kampung untuk penyakit Stoke..

    ReplyDelete
  22. Info yang sangat bermanfaat, semoga benar ampuh, sebab ikan saya juga pada jamuran, dan mata belo (pasti mati).
    Kebetulan di desa saya banyak nih pohon johar.

    ReplyDelete
  23. Info yang sangat bermanfaat, semoga benar ampuh, sebab ikan saya juga pada jamuran, dan mata belo (pasti mati).
    Kebetulan di desa saya banyak nih pohon johar.

    ReplyDelete
  24. Update:
    Tgl 25 kemarin beberapa ikan kena jamur, lalu tak kasih daun johar, namun tak ada efek apapun, bahkan hanpir semuanya terpapar jamur. Tiap pagi tetap ada yang mati.
    Kesimpulan: daun johar bukan obat jamur, mungkin hanya kebetulan saja.

    ReplyDelete
  25. Makasih banyak info nya,sebulan ni ikan saya bnyk yg mati,tiap hari 10-40 ikan,ukuran msh sekorek api,n stlah saya kasih daun johar,jumlah ikan yg mati berkurang jd 1-10,n hari ni tidak ada yg mati sama skali,

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. untuk pencegahan lbih baik sari daun johar + daun sirih + daun mengukudu dicmpur dgn pelet/dibibis.. hsil'a ckup memuaskan hmpir 6 bln dr bibitan ukuran silet kematian 1%.. ikan lahap mkanya tdk ada satu pun ikan d atas permukaan..hanya waktu pemberian pkan z ikan nampak kluar..
    "lebih baik mncegah drpada mngobati"
    "kontrol air scara berkala"
    sekian terima kasih.

    ReplyDelete
  28. Saya tinggal di bogor.udh lama aku car carin daun johar tapi blm ada.mohon bantuin saya

    ReplyDelete
  29. Daun johar itu kayak gmna gan? Aduh dtmpat ane kagak ada yg tw



    gurami lover

    ReplyDelete
  30. makasih bang, saya baru coba nih, mudah2an berhasil ^_^

    ReplyDelete
  31. Mantap,trims infonya,kemaren saya juga ngalamin hal yang sama dengan ikan gurame saya,begitu baca blog ini langsung saya coba,alhamdulillah jamur pada ikan saya peratiin mulai membaik,yang bisa pagi2 panen ikan kecil2 sekarang udah nggak lagi,trims infonya

    ReplyDelete
  32. Telat gw ketemu artikel ini
    Gurame gw udah banyak yg tewas
    Dari 450 tinggal 20
    Tp gw mau coba dulu, besok gw kabari hasilnya

    ReplyDelete
  33. Bisa ada bantuin foto pohonnya ? Biar tau kita nyarinya..mohon dibantu kalau ada yg tau..trimakasih

    ReplyDelete
  34. Terimakasih langsung saya coba semoga mujarab... Tempat saya banyak pohon johar.

    ReplyDelete
  35. kok gak ngefek ke ikan gurame saya ya??

    ReplyDelete
  36. Daun johar memang bisa menyembuhkan jamur pada ikan gurameh tapi tergantung tingkat keparahan jamurnya....klo terlanjur parah n banyak gak bisa gan...gurameh aq za 450bibit ukuran 2jri bnyak yg mati....untung za aq ada ini siatif sendiri.....bibit yg jamuran parah aq angkat aq rendam di air garam sekitar 5mnit....di angkat lagi terus masukin ke kolam yg airnya dah siap...alhamdulillah sehat semua....

    ReplyDelete
  37. Baru tadi pagi aku hunt tu daun, semoga nanti sore gak ada yg mati lagi, sedihh tahuuu....

    ReplyDelete
  38. Ap bnr klo di kmpung nmnya daun juar??

    ReplyDelete
  39. Harrah's Hotel & Casino - Mapyro
    Find 구미 출장샵 your way around the casino, 논산 출장마사지 find where 논산 출장마사지 everything is located 아산 출장마사지 with real people, see what's popular with friends and see activity. Rating: 4.2 서산 출장샵 · ‎1,005 reviews

    ReplyDelete